Sunday, 16 November 2008

Asam Oksalat itu asam organik apa asam mineral..??

Ketika saya sedang searching Internet beberapa waktu yang lalu, seseroang cewek (tidak usah disebutkan namanya, soalnya istimewa buat saya..Hehe) menghubungi saya, menanyakan tentang asam mineral dan asam organik. Maklum, karena saya anak kimia yang ngambil Laboratorium Anorganik, jadi tanyanya dia tentang berbau kayak gitu.
Ketika Search, dapat milist yang membahas asam organik. Ternyata jawabannya tidak semua sama, terlebih tidak semua benar. Hehe..Menurut pengertian sedikit banyak anggota milist tersebut, asam organik adalah asam yang dihasilkan dengan reaksi kimia pada makhluk hidup. Sambil mengernyitkan kening, emang ada yang tanpa reaksi kimia? Mungkin agak disamakan dengan senyawa organik, meski tidak semua benar.
Sebelum membahas apa itu asam organik, berguna jika diperjelas bahwa “Asam organik tidak berhubungan dengan senyawa organik”. Pengertian tentang senyawa organik adalah senyawa yang tersusun atas atom C, H, dan O (dan bahkan ada yang menambahkan dengan N, S, dan P). Jika sudah diperjelas bahwa asam organik tidak berhubungan dengan senyawa organik, barulah diketahui apakah asam organik tersebut. Jika tidak seperti itu, semua asam akan dianggap asam organik, karena tidak ada asam yang tidak mengandung atom H. Sehingga penjelasan terperinci tentang asam organik adalah “semua asam yang atom C” (singkat dan jelas bukan..??). Tinggal memilahkan saja, mana asam yang mengandung atom C dan tidak. Seperti asam oksalat, asam sitrat temasuk asam organik. Asam sulfat (H2SO4), asam nitrat (HNO3), asam klorida (HCl) termasuk asam mineral/ asam anorganik.
Semoga menjadi tambahan ilmu....

1 comment:

  1. klo asam yg mengandung mineral apa?

    ReplyDelete

thank's for your comment...