Monday 27 April 2009

Spektra Silika Gel

Silika Gel sebagai adsorben, telah dikenal luas dalam dunia kimia. Struktur polimernya yang amorf (tidak tertata), gabungan dari agregat-agregat Si-OH yang membentuk polimer terarah Si-O-Si, menjadikan senyawa adsorben ini memiliki kstabilan yang cukup baik.
Pemanasan tidak mengubah struktur silika gel, bahkan ketika silika gel telah dirasa jenuh, pemanasan sering dilakukan untuk mengeluarkan/memutus ikatan H2O dari surface silika gel.
Silika gel banyak diproduksi oleh vendor terkenal, selevel Merck, Flucka dan sebagainya. Standar Kiesel 60 dan G60 banyak menjadi pilihan alternatif pengambilan silika gel untuk penelitian. Berbeda dengan jenis silika gel konvensional berwarna biru, Silika gel Kiesel G60 berwarna putih, serbuk halus, dan ringan.
Untuk mengetahui karakterisasi silika gel, sering dipergunakan IR-Spectroscopy dalam pengenalan gugus fungsinya. Seperti terlihat pada gambar di bawah. Mungkin, sedikit Site yang menyediakan spektra ini lho, sudah saya check, dan ini saya uji IR-Spectroscopy sendiri, bukan download dari suatu situs (^_^)

Dalam memahami spektra yang muncul, tiap bilangan gelombang boleh dibaca semua, tetapi kebanyakan yang memiliki intensitas serapan yang baik yang dibaca. Seperti contoh, pada bilangan gelombang 3402,43 cm-1, merupakan serapan -OH dari gugus alkohol silanol (Si-OH). Serapan ini berada pada kisaran 3400-3450 cm-1. Kemudian serapan pada bilangan gelombang 1602,21 cm-1, merupakan serapan khas dari -OH dari konformasi H2O, fingerprint yang muncul dari serapan ini dideteksi pada bilangan gelombang 802,39 cm-1. Fingerprint adalah sidik jari, spektra penguat dari suatu serapan gugus fungsi. Kebanyakan, fingerprint/overtone berada pada 1/2 nilai spektra yang kuat. Spektra selanjutnya yang dibaca adalah serapan pada bilangan gelombang 1111,00 cm-1. Serapan ini sangat khas, dengan titik puncak bawah yang curam, menekankan intensitas gugus fungsi yang banyak. Serapan ini menunjukkan gugus fungsi Si-O-Si, yang merupakan gugus siloksan penghubung antara tiap konformasi silanol.
Seperti itulah contoh pembacaan spektra Infra Merah dari silika gel...

1 comment:

  1. Mau tanya min kiesel gel 60G ada yg dijual per gram n jualny dimna? Maksih

    ReplyDelete

thank's for your comment...